Teknologi Piranti Lunak dan Keras Komputer

Struktur Perangkat Lunak


Komputer hanyalah merupakan mesin yang tidak dapat melakukan apa-apa sekiranya tidak mendapatkan dukungan dari perangkat lunak (software). Perangkat lunak adalah program, dan program adalah sekumpulan instruksi yang disusun secara terstruktur oleh programmer. Dengan program inilah komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft & Sun Microsystem) ataupun perseorangan.
Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu perangkat lunak sistem biasa juga disebut sebagai perangkat lunak sistem atau sering disebut sistem operasibahasa pemrograman, danperangkat lunak aplikasi.

 

STRUKTUR PERANGKAT KERAS KOMPUTER



   
  PERIPHERAL
Adalah perangkat keras tambahan yg berfungsi untuk membantu kerja komputer.

  INPUT DEVICE
Adalah perangkat keras yg berfungsi sebagai alat masukkan data ke komputer.

  OUTPUT DEVICE
Adalah perangkat keras yg berfungsi sebagai alat keluaran dari data yg dimasukkan oleh input device yg telah diproses komputer.
*hasil dari output device ini dapat berupa ; hard-copy ataupun soft-copy
~hard-copy, data dikeluarkan pada media yg berupa fisik, ex:kertas.
~soft-copy, data dikeluarkan dalam bentuk audio ataupun graphic, ex:speaker,monitor.

  STORAGE DEVICE
Atau MEDIA PENYIMPANAN adalah perangkat keras yg berfungsi untuk menyimpan data baik secara permanen ataupun sementara.

  CPU
Maksud dari CPU disini adalah sebagai alat pemroses kerja komputer.

A. Perangakat Lunak Sistem
sistem adalah kumpulan elemen berhubungan yang merupakan suatu kesatuan. Dari bahasa Latin dan orang Yunani, istilah “sistem” diartikan sebagai mengabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan bersama. Suatu sistem biasanya terdiri komponen (atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateriinformasi, HYPERLINK “http://id.wikipedia.org/wiki/Materi” materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat
melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau
manipulasi gambar.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRA
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Bagian Perangkat Lunak Sistem
control program
suport program
developmen program


B PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang.
Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
Dapat dibagi ke dalam dua jenis: perkakas dasar (basic tools) dan perkakas lanjutan (advanced tools)
Perangkat lunak perkakas dasar adalah program komputer yg banyak terdapat di kantor dan kampus, termasuk: word processings, spreadsheets, database management, graphic programs, communication programs, integrated programs, groupware, software suites, dan desktop accessories yang diperlukan dalam sejumlah pekerjaan, termasuk: desktop publishing, project management, dan computer-aided design/manufacturing (CAD/CAM)
Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan printah program yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur terntentu (syntax), dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingg bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language).
Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:
  • Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.
  • Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language), merupakan bahasa pemrograman dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet
Sejauh ini bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi lima generasi. Setiap generasi bahasa pemrograman memiliki karakteristik tersendiri. Semakin maju generasinya maka orientasi bahasa pemrograman ini akan semakin dekat ke manusia.
Gambar di atas menunjukkan terjadinya kecenderungan pergeseran orientasi dalam bahasa-bahasa pemrograman, dari pendekatan yang berorientasi kepada mesin menuju ke pendekatan yang berorientasi pada manusia.

Bahasa Pemrograman Generasi I

Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.

Bahasa Pemrograman Generasi II

Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:
Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.

Bahasa Pemrograman Generasi III

Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.
Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.

Bahasa Pemrograman Generasi IV

Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.
Bahasa pemrograman generasi keempat biasa disebut sebagai high level languageatau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.

Bahasa Pemrograman Generasi V

Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut:
  • Pemrosesan bahasa alami (natural language processing), yakni mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Indonesia, Inggris, Spanyol, Prancis, dan sebagainya).
  • Pengedalian robotika dan sensor mata.
  • Aplikasi sistem pakar (expert system) yang meniru seorang pakar di bidang tertentu sehingga bisa menghasilkan nasehat atau pemikiran yang setara dengan seorang pakar.
Dengan menggunakan bahasa generasi kelima dimungkinkan untuk melakukan perintah dengan cara percakapan seperti berikut:
“Tampilkan semua nama mahasiswa yang IPK-nya di atas 3,0 dan urutkan berdasarkan IP secara descending”
PROLOG dan LISP merupakan dua contoh bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan.

A.     PERANGKAT LUNAK TEKNOLOGI  INFORMASI  DAN KOMUNIKASI
Kecanggihan suatu perangkat teknologi informasi tidak akan berarti apa – apa tanpa dukungan software system operasi dan aplikasi yang memenuhi spesifikasi, satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan software sangat dibutuhkan dalam penggunaan perangkat TIK baik yang berhubungan dengan pengolahan informasi system telekomunikasi maupun aplikasi jaringan internet.
1.      Perangkat Lunak Teknologi Informasi
Software ( Perangkat Lunak ) adalah : program – program komputer yang melengkapi hardware ( Perangkat Keras ) perangkat lunak secara mutu dibedakan menjadi 2 bagian antara lain :
a.       Perangkat Lunak System
Perangkat lunak system dibedakan menjadi 3 macam :
1.      Bahasa Pemograman
Bahasa pemograman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonvesikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan komputer,
Contoh : bahasa pemograman diantaranya :
Basic, Coboi, Pascal, C++ Fortran.
2.      System Operasi
Saat pertama komputer melakukan turn on. System operasilah yang pertama kali dijalankan, system operasi yang mengatur seluruh proses menterjemahkan masukan, mengatur proses internal manajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
Contoh system operasi
Dos, Unix, Windows Os, IBN Os/2, Apple’s system 7.
3.      Utility
Utility merupakan system operasi dari perangkat lunak system dengan fungsi tertentu. Misalnya : pemerikasaan    perangkat keras     ( Hardware Troubleshooting ) memeriksa disket yang rusak ( bukan rusak fisik ). Mengatur ulang isi harddisk ( Partisi Defrag ). Contoh Utility adalah Norton Utility.

b.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak dari tahun ke tahun segala mengalami perkembangan, Sehingga sekarang ini banyak dihasilkan produk software aplikasi yang mempunyai berbagai  macam fungsi seperti pengolah  kata ( Microsoft Word, Chiwriter, Word Perfect ). Pengolahan angka ( Microsoft Excel Lotus 123, Quatto Pro ) database (dbase ‌‌‌‌‌‌‌৷৷৷ + fox base Microsoft Access) desain grafis ( Photoshop, Corel Draw ) dan lain – lain.

B.     PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat atau pemograman yang dibuat untuk menangani berbagai aplikasi, program itu diciptakan dengan keragaman dengan tingkatan dan kemampuan sesuai dengan kualifikasinya. Perangkat lunak dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan hingga sekarang ini banyak dihasilkan produk software aplikasi mempunyai berbagai macam fungsi seperti pengolahan  kata  (  Microsoft Word, Chiwriter, Word Perfect  ) Pengolahan   angka ( Microsoft Excel Lotus 123, Quatto Pro ) database ( dbase ‌‌‌‌‌‌‌৷৷৷ + fox base Microsoft Access ) desain grafis ( Photoshop, Corel Draw ) dan lain – lain.

1.      Aplikasi Word Processing
Word processing adalah kelompok software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolahan kata, dalam program  Microsoft windows. Terdapat program wordpad yang difungsikan untuk mengolah kata. Program ini otomatis ada dan terinstall pada saat pertama kali program windows di install.
Program ini difungsikan untuk pengetikan naskah dengan berbagai format dan aturan dokumen program yang termasuk kedalam kelompok ini antara lain :
a.       Microsoft word
b.      Word perfect
c.       Chiwriter
d.      Word star
e.       Open office writer C 000 writer.

2.      Aplikasi Spreadsheet
Spreadsheet adalah kelompok program yang hanya difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan yang dimiliki oleh spreadsheet antara lain : perubahan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain – lain, program yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
a.       Microsoft excel
b.      Open office calc
c.       Lotus 123

3.      Aplikasi Database
Database merupakan kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Tersimpan di hardware komputer dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Program aplikasi yang termasuk dalam kelompok database antara lain :
a.       dbase
b.      Foxbase
c.       Microsoft access

JENIS PERANGKAT LUNAK

  1. Sistem Operasi
  2. Perangkat Lunak Bahasa
  3. Program Aplikasi
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN

2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System

3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:



SISTEM OPERASI
Sistem Operasi adalah perangkat lunaksistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi merupakan sisitem operasi pada lappisan pertamayan di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan sofware lainnya dijalankan setelah sistem  Operasi berjalan. Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar seperti :
  • Mengatur Media Input
  • Proses
  • Output
  • Mengatur Memory
  • Penjadwalan Proses :

  1. PC DOS
  2. MS DOS
  3. MICROSOFT WINDOWS
  4. LINUX
  5. UNIX
  6. MACINTOSH
  7. FREE BSD

PERANGKAT LUNAK BAHASA
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.
1)MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA
  • Bahasa Tingkat Rendah
  • Bahasa Tingkat Menengah
  • Bahasa Tingkat Tinggi
Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari seperti :

  • Basic
  • Cobol
  • Pascal

Program Aplikasi (Aplication Program)
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.
  1. Word Processing (Pengolah Kata)
  2. Program Database
  3. Program Spreadsheet
  4. Program CAD (Computer Aided Design)
  5. Program Layout Artikel (Publisher)
  6. Aplikasi multimedia

Word Processing
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (Text Based)
  1. Wordstar Profesional
  2. Word Perfect
  3. Chiwriter
  4. Microsoft Word
  5. Word Star

Program Database
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE
  1. Ms.Acces
  2. SQL Server
  3. MySql
  4. Oracle

Program SpreadSheet
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
  1. Lotus 123
  2. Ms.Excel
  3. Quatro
  4. Supercheck

Program CAD (Computer Aided Design)
Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis)
  1. Auto Cad
  2. Pro Design
  3. Corel Draw
  4. Adobe Photoshop

Program Layout Artikel
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik
  1. Page Maker
  2. Ventura
  3. Harvard Publisher
  4. Newmaster

Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan multimedia kerana selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.

Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang digunakan. Aplikasi Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat, yang hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

Format-format digital multimedia di antaranya:
  • MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
  • MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan  erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
  • MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
  • AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
  • Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun
  • Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Merupakan program yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.

0 komentar:

IT dot COM by man_yasa
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own Logo